Selamat datang di Online shop produk aura glow skin care bpom ori aman tanpa efek samping

Jenis Tulang Wajah

Macam-Macam Tulang Manusia

Rangka manusia ini terdiri atas beberapa macam ataupun jenis tulang. Masing-masing dapat dikelompokkan baik itu berdasarkan dari segi bentuk, jaringan penyusunnya, dan berdasarkan letaknya. sebelum Anda membahas tentang macam-macam tulang pada manusia.  Macam-macam tulang tersebut adalah tulang yang ada di dalam tubuh kita, jadi tubuh kita ini terdiri dari beberapa macam ataupun jenis tulang yang akan saling terhubung dalam membentuk sebuah rangka dan menjadi sistem rangka. Untuk dapat melihat macam-macam tulang manusia ataupun jenis-jenis tulang manusia, dapat dilihat dibawah ini.

Macam-Macam Tulang Manusia

1. Berdasarkan Bentuk

Berdasarkan bentuknya, ada tiga kelompok tulang, yaitu tulang pendek, tulang pipih, dan juga tulang pipa.

a. Tulang Pendek

Tulang yang pendek berbentuk bulat pendek dan di dalamnya berisi sumsum merah Contohnya adalah ruas tulang belakang, tulang pergelangan tangan, tulang pergelangan kaki, dan juga ruas-ruas tulang jari.

b. Tulang Pipih

Tulang pipih yang berbentuk pipih. Bagian dalamnya juga berongga-rongga seperti spons dan berisi sumsum tulang berwarna merah. Sumsum merah ini berfungsi untuk membentuk sel-sel darah merah dan sel-sel darah putih. Contohnya tulang rusuk, tulang bagian dada, tulang belikat, dan juga tulang pelipis.

c. Tulang Pipa

Tulang pipa yang berbentuk panjang dan juga bulat seperti pipa. Contohnya tulang lengan bagian atas, tulang paha, dan juga tulang hasta.

Macam-Macam Tulang Pada tubuh Manusia

(Beberapa Contoh dalam Tulang Pendek, Tulang Pipih, dan Tulang Pipa)

2. Berdasarkan Jaringan Penyusun

Berdasarkan dari jaringan penyusunnya, tulang dapat dibedakan menjadi tulang rawan dan juga tulang keras.

a. Tulang Rawan

Tulang yang rawan bersifat liat dan jug lentur karena zat-zat antarsel tulang banyak yang mengandung zat perekat dan juga mengandung zat kapur. Zat perekat tulang merupakan sejenis protein yang disebut dengan kolagen. Zat ini akan sangat berperan dalam proses penyambungan tulang apabila terjadi tulang retak ataupun patah. Contohnya telinga, hidung, dan juga di ujung-ujung tulang keras, tempat sambungan antara tulang, klik untuk info lebih lanjut tentang krim auraglow.

b. Tulang Keras

Tulang keras bersifat sangat kaku dan juga keras karena sebagian besar tersusun dari zat kapur dan juga fosfor. Semakin tua umur seseorang maka akan semakin tinggi juga kadar zat kapur yang ada didalam tulangnnya. Itulah penyebab mengapa tulang menjadi semakin keras, tidak lentur, dan juga mudah patah

Penjelasan Tulang Rawan dan juga Tulang Keras

(Beberapa Contoh dalam Tulang Rawan dan Tulang Keras)

3. Berdasarkan Letaknya

Rangka tubuh manusia itu sendiri terdiri dari tulang-tulang yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Berdasarkan letaknya, tulang penyusun dari kerangka tubuh manusia bisa dikelompokkan menjadi tulang tengkorak, tulang badan, dan juga tulang gerak.

Tulang Tengkorak

Tulang penyusun dari tengkorak terdiri atas tulang pipih yang akan saling bersambungan. Pada sambungan antara tulang tengkorak bayi yang baru saja lahir terdapat sebuah celah yang lebar dan biasa disebut fontanela. Tulang tengkorak ini berfungsi sebagai sebuah pelindung organ tubuh yang sangat lunak dan penting, misalnya saja untuk melindungi mata dan juga otak. Selain itu, tulang tengkorak ini juga yang akan menentukan bentuk wajah.